"Asyiknya Belajar Sambil Bermain"

Mendidik anak di usia dini sangat penting. Berdasarkan neurologi diketahui bahwa sekitar 25% perkambangan otak dewasa pada saat bayi baru lahir, 50% terjadi ketika anak berusia 4 tahun, 80% telah terjadi ketika anak berusia 8 tahun dan mencapai puncaknya ketika anak berumur 18 tahun. Besarnya kapasitas otak bersifat potensial dan siap untuk diberdayakan, namun juga dapat mati dan tidak berkembang apabila penangannya tidak benar.

Usia 0-8 tahun disebut ‘golden age’ (usia emas) yaitu syarat paling potensi dalam perkembangan kecerdasan anak, disebabkan dalam usia tersebut otak mengalami lompatan perkembangan sangat pesat. Maka di usia emas ini pendidikan usia dini harus mulai diterapkan kepada anak.

Pendidikan usia dini sangat beragam, dan pastinya akan lebih efektif jika pendidikan di sertai dengan permainan, seperti belajar sambil bermain. karena anak seusia mereka akan mudah bosen untuk belajar yang monoton, seusia mereka adalah saatnya bermain, bukan belajar, tapi belajar di usia dini sangat penting untuk kecerdasan anak, oleh sebab itu ada banyak cara belajar agar anak tidak bosen belajar, contohnya seperti dibawah ini, belajar melalui permainan.




Begitu banyak cara belajar melalui permainan, contohnya permainan ular tangga di atas, mencakup berbaiagai pelajaran:
1. Mengenalkan warna kepada anak
2. Mengenalkan 3 bahasa kepada anak
3. Mengenal nama2 surat Al Qur’an dan nomor
Permainan ini akan mudah di fahami oleh anak2, karena seusia mereka masih suka bermain dari pada belajar, oleh sebab itu bagaimana caranya agar si anak bisa belajar sambil bermain yang menyenangkan, ya itu solusinya seperti bermain ular tangga di atas.


Permainan ular tangga ini akan sangat membantu sekali bagi orang tua yang kesulitan membimbing belajar buah hati mereka, karena mereka sudah bisa belajar sendiri sambil bermain beramai2 bersama teman sebayanya tanpa bimbingan orang tuanya, tapi alangkah baiknya setelah si anak bermain, orang tua juga aktif bertanya, seperti “gimana tadi maen nya, sudah bisa bahasa apa saja dll” karena akan memotivasi anak tersebut.

Gambar di atas itu hanya permainan ukuran kecil, yang bisa dibawa kemana si anak suka. Tapi ada juga yang berukuran besar, jadi bermain nya sambil berdiri dan menginjak papan permainan nya. Jadi lebih asyik untuk bermain dan belajar, apa lagi di waktu liburan.

Oya, ada juga belajar sambil bermain selain dengan ular tangga di atas, ini ni….boneka, seperti gambar di bawah ini. yahhh….agar interaksi anak berjalan, seperti nyata karena yang di perankan sama seperti yang ada di gambar, ada tokoh yang di bacanya. Jadi lebih seru, anak2 pasti suka belajar sambil bermain seperti ini. Lain jika anak2 belajar yang monoton tidak ada selingan, pasti bosen..pengen nya bermain ma anak2 seusianya.



Masih banyak lagi permainan yang mendidik anak2 untuk semangat belajar dengan permainan, moga bermanfaat bagi ibu2 untuk mendidik si buah hati dengan baik dan benar, tidak pemaksaan belajar yang tidak menyenangkan. Buatlah si buah hati belajar dengan nyaman dan asyik…..ya itu solusinya, belajar sambil bermain. Tapi juga perlu bimbingan kedua orang tuanya ^_^


“Tulisan ini dibuat untuk disertakan dalam lomba menulis yang diselenggarakan oleh www.bahasasiswa.do.am dan Penerbit Gelar Semesta Aksara.“

6 komentar:

  1. Sip Mbak Lita, saya ikut mendoakan semoga lombanya sukses, amin.

    ReplyDelete
  2. hehehe amiin......tapi gimana pendapat tentang belajar sambil bermain nya kang :D

    ReplyDelete
  3. Bu Lita, bagusnya dijelaskan dulu tujuan pendidikan, supaya anak-anak jadi apa gitu? atau nilai-nilai apa yg harus ditanamkan di anak-anak usia sekian-sekian. sarananya baru dicari yang efektif. hehe..saran aja.

    ReplyDelete
  4. wah, ikut lomba ya, keren artikelnya .....

    ReplyDelete
  5. hehehe saran yang bagus kok, makasih saran nya :D

    rubiyanto mau ikut? hehehe iya ikut lomba :D

    ReplyDelete
  6. Hanya di Benuapoker Promo bonus 50% dari nilai deposit anda untuk member setia kami
    MINIMAL DEPOSIT 50 RIBU
    http://goldpokerindo.blogspot.com

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Pages

Blogger templates

Popular Posts