Rendang Padang


Foto Pribadi

Siapa sih yang gak kenal dengan makanan enak "rendang" ??
Siapa sangka makanan enak ini  mendunia karena cita rasanya yang mak nyusss (kata pak bondan)
Rendang, merupakan makanan khas indonesia yang berasal dari Minangkabau / Sumatera Barat yaitu padang, makanan tradisional ini terbuat dari daging sapi yang di masak menggunakan rempah-rempah dan menggunakan banyak santan.Maka dari itu, kentalnya bumbu rendang menjadikan rasa khasnya masakan daging tersebut.

Kenapa rendang mendunia? karena cita rasanya yang begitu lezaaattt.....bumbu yang melekat di daging sangat tebal. Konon (cerita dari saudara) rendang bisa mendunia karena orang-orang indonesia kalau naik haji selalu membawa rendang buat bekal di perjalanan dan di mekkah. Kenapa rendang yang jadi bekal?? karena rendang tahan lama bisa berbulan-bulan lamanya tanpa pemanasan, oleh sebab itu rendang sangat cocok untuk bekal perjalanan panjang seperti naik haji zaman dahulu, harus naik kapal karena belum ada pesawat jadi membutuhkan waktu yang cukup lama di perjalanan bukan??

Proses pemasakan rendang pun cukup lama untuk menjadikan rendang tahan lama, minimal 6 jam proses pemasakan dengan santan yang begitu banyak dan kental. makanya rasa rendangnya jadi mak nyusss lah pokoknya. Penasaran dengan rasa rendang yang mendunia ini?? ada kok rendang kemasan yang siap santap, apa sih zaman sekarang yang tidak praktis, semua bisa di jadikan makanan praktis siap santap dan bisa di dapat dari mana saja.
koleksi google

Nahh ini dia rendang kemasan yang di jual secara online, Restu Mande. Yaa, Restu mande adalah distributor rendang kemasan yang di jual secara online. Rendang Restu mande ini bisa bertahan hingga 6 bulan lamanya loo, kok bisaa?? karena kemasan yang dipakai terdiri dari dua lapisan sehingga rapat, yaitu lapisan alumunium foil dan kemasan plastik transparan yang menjadikan rendang tahan lama. Hal itu membuat kemasan sangat higenis dan bebas bakteri sehingga mempengaruhi daya tahan rendang Padang Restu Mande. Setiap kotak seberat 300 gram, berisi sekitar 5-6 potong daging rendang. Untuk menikmatinya, rendang Padang kemasan ini bisa langsung dinikmati atau bisa juga dihangatkan terlebih dahulu.

Harganya pun berfariasi :
Rendang sapi hot harganya Rp. 69.000
Rendang sapi original harganya Rp. 67.000
Rendang ayam hot harganya Rp. 52.000
Rendang ayam original harganya Rp. 50.000

Sangat terjangkau bukan, untuk menikmati rendang padang yang mendunia ini, tidak perlu repot, tinggal pesan langsung santap.

Aku suka sekali loo dengan rendang, apa lagi ibuku selalu membuatkan rendang buatku jika aku pulang dari rantauan dan membawakan oleh-oleh rendang kalau kembali ke rantauan. Walau ibuku bukan orang padang, tetapi  jago loo, rendangnya enak seperti rendang padang beneran. Gimana gak mirip rendang padang beneran, ibuku belajar dari budeku yang orang padang asli, jadi ya bisa sama rasanya.

Ehh, aku juga bisa lo, setahun minimal 2 kali lah bikin, buat tombo (obat) kangen sama ibu. Tapi rendang yang ku buat tidak se-enak buatan ibuku atau budeku, karena bumbu yang aku pakai hanya sedikit (tidak begitu suka dengan bumbu) tapi kalau makan rendang dengan bumbu yang mengental sukaaaa hehe. Setiap Hari Raya pasti tidak ketinggalan tuh menu yang namanya "rendang" karena memang sangat di gemari, apa lagi semua keluarga kumpul di rumah untuk makan-makan, pasti langsung habis. Rendang sangat istimewa karena cita rasanya yang enak, lembut  dan bumbunya yang melekat pada daging, membuat aku ketagihan untuk makan rendang setiap hari.

Daaann ini dia, hasil buatanku sendiri
Rendang Kudus (soalnya bikinnya di kudus hehe)

Emmm kelihatannya enak ya :D
Memang enak sekali, Azzam aja habis banyak tuh



Kalau ingin repot, keluarganya banyak, mending bikin sendiri rendangnya, bisa bikin rame-rame kan asyikk tuh, bisa gantian jagain rendang sampe matang, karena memang lama pembuatannya.
Mau tau resepnya?
Ini resep ala kadarnya yang aku buat ya, tidak sama persis dengan bumbu rendang aslinya, soalnya banyak rempah  yang di rumah tidak ada, jadi aku hanya pakai bumbu yang ada di dapur saja hehe

Bahan :
daging secukupnya. kalau aku pakai 1/2 kilo daging sapi
1 kelapa tua (pisahkan perasan kelapa yang kental dan yang encer)
cabe merah, laos, jahe, ketumbar, bawang merah putih semua secukupnya, semua bumbu haluskan
daun salam, daun jeruk, sereh di geprek

Cara Membuat :
masukan bumbu halus kedalam wajan, beri air santan encer tunggu sampai mendidih, masukan daging yang sudah di potong-potong, masukan dedaunan, tunggu sampai air surut. setelah air surut baru masukan santan kental nya, di aduk-aduk terus agar tidak gosong (ingat, pakai api kecil ya). di aduk hingga air berkurang dan mengental seperti ini.


Sudah matang, tapi masih kurang kental, di aduk-aduk lagi hingga warnanya agak kemerah-merahan dan keluar minyaknya. hasilnya seperti gambar di atas ya.

Mudah bukan? lebih mudah makan dari pada bikin hehe soalnya rendang yang aku buat tadi pagi, sore sudah lenyap, karena memang semua suka rendang. itu kalau mau repot, kalau mau praktis tinggal santap tanpa ribet ya beli rendang kemasan saja.

Tapi ini ada resep rendang padang kalau ingin bikin sendiri yang lengkap
Bahan Daging Rendang :
1 kg Daging tanpa lemak, potong dan cuci bersih lalu tiriskan
3 butir kelapa tua parut, buat menjadi santan kental

Bahan Bumbu Daging Rendang Padang, (dihaluskan) :
20 btr Bawang merah
10 siung Bawang putih
2 ruas jari Jahe
1 ons Cabe merah giling
1 sdt merica

Bahan Bumbu Rendang lainnya :
Lengkuas, dimemarkan
3 btg Sereh, geprek bagian putihnya
3 buah Bunga pekak
5 lbr Daun jeruk
3 lbr Daun salam
2 lbr Daun kunyit, sobek-sobek

Bumbu Pelengkap Daging Rendang Padang :
1 sdm Kelapa serundeng giling (kelapa parut di sangrai sampai berwarna coklat, kemudian di giling halus hingga keluar minyaknya)
1 sdm Hati sapi rebus, di giling halus
1 sdm Air asam Garam, secukupnya
Gula pasir, secukupnya

Cara Membuat Daging Rendang Padang :
1. Ungkep daging dengan bumbu halus, biarkan air daging keluar dan tunggu hingga air ungkepan kering.
2. Tuang santan, kemudian masukkan semua bumbu kecuali bumbu pelengkap, dan aduk hingga rata.
3. Aduk-aduk santan hingga santan mendidih dan jangan sampai santan pecah.
4. Kecilkan api, masak sampai daging rendang dan bumbu mengeluarkan minyak.
5. Masukkan bumbu pelengkap daging rendang padang, aduk rata.
6. Masak terus sambil sesekali diaduk-aduk agar tidak lengket. Masak sampai bumbu rendang agak mengering atau berdedak dan berwarna coklat.
7. Sajikan dengan nasi hangat.

Lumayan banyak kan bumbu aslinya di banding bumbu buatanku?? nah silahkan yang ingin mencoba ya, semoga bermanfaat

33 komentar:

  1. emang bikin ngiler...sampe ngeces bacanya nih...sukses ya mbak...:-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe aku juga ngiler liat foto rendangnya mb :D

      Delete
  2. asiik, emang bikin kangen deh rendang tuh, sukses ya mbak.. aku juga kalo lagi malas makan, langsung beli rendang, galak lagi deh makannya ^_*

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti kalau mau makan rendang gak usah masak aja mb hehe beli yang praktis ya :D
      bagi-bagi lo kalau makan rendang ^_^

      Delete
  3. eeh.. aku juga bisa loo bikin sendiri.. hahaha.. siapa yang nanya ya..
    hemm... ngiler deh liat foto rendangnya, pengen ambil nasi anget, nyam nyam deh :D
    btw, semoga menang ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mana mana rendang bikinan mb diah, aku icip icip donk hehe
      keren donk kalau bisa bikin, besok aku mau bikin loo mau gak?? :D

      Delete
  4. Replies
    1. memang sedaaaappp :D

      Delete
  5. <a href="http://andikata.blogdetik.com/index.php/2013/03/29/rendang-padang-menu-popular-indonesia>Rendang Padang</a> memang masakan kesukaan siapa saja. Ikutan aaaah!

    ReplyDelete
  6. Rendang Padang memang masakan kesukaan siapa saja. Ikutan aaaah!

    ReplyDelete
  7. betul betul betul :D
    anak-anak pun suka, padahal pedessss hehe

    ReplyDelete
  8. Aih denger kata rendang lgsg mata melirik *spontanitas jiwa org Padang hehehe
    Rendang dah go internasional lho! :)

    Salam kenal ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya mb udah mendunia, keren ya. tapi memang pantes lah karna rasanya bener2 enaaaaaakkk banget :D

      Delete
  9. Replies
    1. ayoo beli rendang biar tambah laper hehe
      ada tuh rendang kemasan nya

      Delete
  10. azzam menikmati sekali kau nak.. wuenaaakkkk ee :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyo bener, yang habis banyak daging emang azzam hahaha seneng banget sama daging dia, ayam, ikan aja di bilang daging :D
      ayoo besok kalau main ke kudus tak bikinkan rendang yang buanyak hehe

      Delete
  11. Azzam di IIDN ada dua, Azzam ku dan Azzamnya mb Lita. TOSS dulu aaaah!

    sama-sama suka rendang....Nyamm...nyam yummy....

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa iya mb? putrane sampean namane azzam? berarti gak cuma dua mb, tapi tiga hahaha ada kok ibu IIDN yang namanya azzam juga, mb lilis kayaknya. pasaran ya hehe gak papa yang penting pada seneng rendang *looo gak nyambung :D

      Delete
  12. Wah azzam hebat sudah suka makam pedes :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya, dia sebenernya kepedesan tapi maunya nambah terus :D

      Delete
  13. makan rendang.. makan rendang, bagi rendangnya dong zam

    ReplyDelete
    Replies
    1. main ke kudus, ntar ku buatkan rendang :D

      Delete
  14. ya ampuuuuun....nyesel deh baca postingan ini..
    jadi ngilerrrrrr T_T
    hehehehe

    nice sharing, mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe ayoo makan makan biar gak ngiler lagi mb :D

      Delete
  15. azzam, makanny g pakai nasi nak, ntar kepedesan loh
    rendang bikinan umi enak ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya azzam kepedesan ummi hehe
      makan rendang nya aja udah habis 2 potong, pake nasi tambah 2 potong lagi hahaha

      Delete

Powered by Blogger.

Pages

Blogger templates

Popular Posts