"Tak Berdaya"

Kasihan....itu kata2 yang ku ucap setelah mendengar kisah yang di alaminya. Karna selama ini ku pikir beliau sudah senang dengan pekerjaannya yang baru ini, keputusan yang di ambil sudah matang untuk meninggalkan keluarganya demi mencari tambahan uang untuk kebutuhan sekolah anak2nya.

Sudah hampir satu bulan beliau meninggalkan suami dan anaknya yang baru berusia 8 tahun. Selama ini adem ayem tak ada kabar tentang kesusahannya, memang itu maunya, menjadi pembantu karena memang tidak berpendidikan,hanya tamantan smp aja.
Tadi malam, tepatnya hari sabtu malam ahad jam 8 malam, beliau meneleponku dan bercerita banyak hal yang di alaminya selama ini.

Dialog antara aku dan beliau:

Beliau : gimana kabarnya?
Aku : alhamdulillah baik, lek gimana kabarnya?
Beliau : ya beginilah ta. Aku kangen rumah. Kangen suami dan anak2
Aku : lohhh...ya telpon no, tiap hari telepon kan?
Beliau: iya udah telepon tapi masih kangen pengen pulang
Aku : lah gimana, emang udah berapa bulan kerja disana?
Beliau : baru sebulan ntar tanggal 28
Aku : lahhh, belom ada sebulan je. La pye lek?ijin pulang aja
Beliau : pye ijin ppulang ta, wong ntar klo dah sebulan mau berhenti aja ndak boleh.kudu satu tahun baru boleh pulang
Aku : looo kok gitu
Bliau : he em ta, aku di bohongi.aku disini di jual ta
Aku : lo kok bisa? Di jual gimana maksudnya lek?
Beliau : aku di ajak orang, katanya mau di carika kerja. Emang bener di carikan kerja, tapi kok harus patuh majikan, masak kerja Cuma sebulan aja ndak boleh, klo nekat pulang di ancem e ta. Aku mau kabur aja
Aku : loo kok gitu sih.emang disana kerjanya apa to lek?
Beliau : aku bagian bersih2, ni ada temen yang bagiannya masak
Aku : la kan enak lek, Cuma bersih2 aja, ndak masak juga
Beliau : enak gimana ta, la aku bersih2 bekas anjing juga je ta. Cuci bekas kotorannya, ngepel juga, nyuci kain bekas anjing juga. Kan najis ta, tiap hari kerjaannya seperti itu. Keluar rumah aja ndak boleh.pokoknya aku pengen pulang
Aku : masyaALLAH..klo gitu pulang aja lek
Beliau : la pye carane, ndak boleh pulang.rencanaku si kabur aja
Aku : iya kabur aj lek. Majikane kerja apa lek
Beliau : kerja toko, pergi pagi pulang jam 6
Aku : nahhh, tuh bisa kabur, ndak ada orang kan di rumah? Trus gerbang di kunci ndak
Beliau : ndak ada orang, yang bawa kunci aku
Aku : he em, bagus klo gitu. Banyak2 berdoa lek, minta petunjuk sama ALLAH. Klo ALLAH ridho lek kabur insyaALLAH di permudah. Dan kalau solusinya pamitan pulang, insyaALLAH di permudah juga ijin . klo udah di rumah, jangan pergi2 kerja lagi, kerja di rumah aja ngurus suami dan anak, kerja berkebunnya di tekuni aja, sedikit2 insyaALLAH berkah. Yang penting keluarga utuh dan hidup tenang
Beliau : iya ta. Aku juga ndak lupa berdoa kok
Aku : yo wes lek. Moga dipermudah urusannya, pokoknya minta pertolongan ALLAH
masyaALLAh....sedih aku setelah mendengar ceritanya, ternyata nasibnya seperti itu, kasus seperti yang ada di tv2. Semoga di permudah.

Beliau Seorng ibu rumah tangga yang ingin mencari nafkah tambahan untuk membantu kebutuhan rumah dan sekolah anak2, dngan menjadi pembantu di kota lain. Tapi apalah mau di kata,, ternyata semua yang di impi2kan beda dengan kenyataanya. Iming2 pencari tenaga kerja juga hanya omong kosong, tapi itu juga mujur2an/nasib2an, kadang ada yang mujur karena dapet majikan yang baik hati, ada juga yang seperti lek alami, dapet majikan yang kurang baik.astagfirullah...

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Pages

Blogger templates

Popular Posts