"Banyak Sahabat Lewat Dunia Maya"



Mengenal email
“no hp kamu berapa? Email kamu apa?” perbincangan antara kami saat bertemu pertama kali di lingkungan kampus. Kami memang anak baru, mahasiswa baru di universitas swasta yang ada di yogyakarta. Wajar saja kalau bertemu teman baru menanyakan no hp dan email agar mudah berkomunikasi nantinya. Tapiii, aku malu. Aku tidak punya hp maupun email saat itu. Aku orang kampung, pendatang dari sumatra tepatnya lampung utara bagian pelosok jauh dari kota, oleh sebab itu yang punya hp hanya orang tua saja kebanyakan orang disana. Anak-anak belum di perbolehkan memakai hp karena disana di anggap barang mahal dan mewah. Anak-anak harus serius dalam bersekolah menggapai cita-cita. Email pun aku baru tau, di sekolahku dulu belum di ajarkan tentang email, maklum masih kampungan. Pikirku dalam hati.

“lita, gimana, jadi mau bikin email?” kata temen yang mau mengajari bikin email.
“jadi donk, biar gaul gitu hehe” jawabku becanda
Ternyata setelah mengisi username, namaku udah di pakai dan setiap mengisi username ada namaku pasti sudah ada yang memakainya, sampai berkali-kali belum juga dapat usernamenya. Akhirnya pihak yahoo member pilihan seperti kuis. Aku isi saja semua data-datanya. Ternyata oh ternyata jawabanku itu yang akan menjadi alamat emailku.

“kebun_kucing@yahoo.com” kataku singkat.
“hah? Kebun_kucing? Bukan bonbin aja hahaha” ejekan temen ku saat tau alamat emailku aneh. “Yahhh mau gimana lagi, bikin email aja susah, udah dapet email kebun_kucing aja aku sudah seneng” jelasku sambil manyun.
“kok bisa sih bikin email begituan. Kenapa tidak pakai nama kamu saja” Tanya temenku yang lain.
“ceritanya begini” dengan serius aku menjelaskan ke temen-temenku agar tidak salah faham masalah email pakai nama hewan.
“Aku itu bikin email susah banget, sudah di ulang-ulang tidak bisa juga, dan akhirnya yahoo ngasih alternative lain seperti kuis gitu, seperti ini isinya, hewan apa yang kamu suka? Aku jawab aja kucing, karena aku suka kucing dan di rumahku banyak kucing. Trus pertanyaan ke dua pemandangan yang kamu suka apa? Aku jawab aja kebun. Aku suka dengan kebun the, makanya aku jawab kebun. Ternyata emailku sudah jadi kebun_kucing. Ya aku seneng banget bisa bikin email sendiri tapi lucu juga karena bukan namaku. Aku suka karena unik.” jelasku panjang lebar.
“oooo begitu….iya sihh unik dan lucu, kayaknya belum ada deh email selucu itu hehe” kata teman yang lain

Mengenal aplikasi chating
Semester 3 ku masuki, aku di kenalkan dengan aplikasi chating, yaitu migg33 oleh teman namanya indri. Setiap hari di perpustakaan kalau tidak ada jam kuliah, kami selalu nongkrong di sana, bukan membaca buku tapi untuk chating.
“ih, mereka lagi-mereka lagi. Internet bukannya untuk belajar malah untuk chating” kata mahasiswa yang sedang belajar di perpustakaan. Aku dan temen-temen di juluki ratu chating dan penguasa komputer perpustakaan hehe
Memang kami keterlaluan memakainya, seharian kami yang memakai komputer sampai tidak memberi kesempatan pada yang lain. Petugas perpustakaan sampai menempel tulisan di monitor kalau memakai komputer hanya di perbolehkan satu jam saja hahaha kami tertawa ngakak saat membaca tulisan itu. Dan setelah itu kami pun jarang memakai komputer di kampus, karena tidak nak hati sudah di peringatkan, jadinya pindah alih ke hp.

Entah kenapa dari semua aplikasi chating, yang paling aku suka migg33. Karena mudah pemakaian nya untuk pemula sepertiku dan dari mig33 aku punya banyak sahabat, sampai sekarang komunikasi kami masih terjalin dengan baik.
Baru aku rasakan betapa hebattnya perasaan manusia. Padahal hanya sahabat di dunia maya saja bisa merasakan apa yang di rasakan oleh kita, belum pernah bertemu pun hati sudah dekat. Pertama kali punya sahabat yang dekat itu unik, sifatnya berubah-berubah, sukanya ngambek tapi lucu di buatnya. Dari 2007 aku mengenalnya dan Alhamdulillah sudah 4 kali aku bertemu dengannya. Walau tempatnya jauh tapi hati kita dekat, itulah persahabatan yang berubah menjadi saudara.

Makin banyak sahabat
Dari hari ke hari aku selalu chating, seperti tidak bisa meninggalkan chating, sampai sahabat satu kos ku itu sebel melihat aku mainan hp tanpa peduli dengannya. Chating dengan sahabat mayaku memang tidak membosankan, karena disana banyak sekali sahabat yang lain juga, Bercerita, bercanda, berkenalan dengan sahabat yang lain sampai ada mungkin puluhan sahabat yang aku dapatkan di dunia maya. Kami lebih terbuka cerita lewat dunia maya dari pada dunia nyata dengan sahabat di sekitar, karena malu kalau cerita bertemu tatap muka. Kami dari itu aku lebih suka cerita dengan sahabat di dunia maya, dari hal umum sampai pribadi pun aku ceritkan. Sampai ada di antara sahabatku yang lebih tua dariku aku anggap sebagai kakak, yang lebih muda aku anggap adik. Sampai sekarang masih terjalin dengan baik.

Jodohku
Dari dunia maya, aku juga dapet jodoh hehe itu juga kebetulan, mungkin emang jodohku disini. tadinya juga sahabat ngobrol, bercerita apa saja, ternyata kok jadi suami. Kalau di pikir-pikir tidak menyangka, kok bisa ya, padahal dulu kalau chating dia suka cerita tentang game, tapi aku cuekin karena aku tidak suka game perang haha
Kenal dengan suamiku itu lumayan lama juga, kami juga tidak ada perasaan apa-apa, hanya bercerita, bercanda, diskusi sama dengan sahabat-sahabat yang lainnya juga, tapi ternyata dialah jodohku. Setelah menikah aku jadi jarang bahkan tidak lagi chating migg33 lagi. Pernah suatu saat aku iseng login migg33, ternyata sahabat-sahabatku sudah pada hilang alias tidak pernah login migg33 lagi sama sepertiku, tapi Alhamdulillah kami sudah punya no hp nya masing-masing, jadi masing saling komunikasi. Dan ternyata mereka juga banyak yang menikah dengan sesama migg33. Migg33 jadi seperti kontak jodoh hehe

Pindah alih aplikasi
Setelah lama sekali tidak login migg33, muncullah aplikasi baru yang saat itu booming sekali, yaitu facebook. Aku dan sahabat-sahabatku berpindah alih menggunakan facebook dan sampai membuat grup migg33 untuk saling sapa dan Tanya kabar diantara kita.
Dari facebook juga aku bertambah sahabat baru lebih banyak tapi tidak sedekat dengan sahabat di migg33, entah kenapa. Di facebook punya banyak sahabat tapi hanya mengenal sebatas nama dan tempat tinggal saja, berbeda dengan sahabat di migg33, mengenal jauh sampai hal pribadi. Tapi aku tetep bangga punya banyak sahabat di duni maya. Sahabat dekatku lebih banyak dari dunia maya di banding dunia nyata.

Sahabat mayaku
Sahabat mayaku adalah saudaraku, mereka seperti saudara, saling bercerita, bercanda, berdiskusi tentang apa pun selalu ada buat ku. Mereka selalu ada setiap aku butuhkan, walau hanya sebatas sms, telpon dan email tapi seperti nyata di hadapanku. Sahabat mayaku yang aku tau selalu dekat di hati walau jauh dimata. Walau kadang pernah denger cerita temen-temen di facebook kalau dengan sahabat maya harus hati-hati, karena banyak penipuan. Tapi aku yakin, sahabat mayaku tidak seperti itu, dan Alhamdulillah memang tidak seperti itu, sahabat mayaku seperti nyata, aku pernah bertemu dengan mereka beberapa sahabat saja, mereka sama. Di dunia maya dan dunia nyata sama tingkah laku dan tutur katanya. Kalau aku tau arakter di dunia mayanya dia itu suka ngambek dan suka marah, ternyata setelah bertemu memang benar. Ada juga karakter di dunia mayanya dia ceplas-ceplos alias jujur dalam kata-kata, kalau jelek ya dia bilang jelek di depan kita. Memang bener apa adanya. Punya sahabat di dunia maya memang membuatku lebih pintar dalam menilai sahabat, membuatku lebih dewasa dan mengenal karakter mereka masing-masing.

Sampai sekarang komunikasi aku dan sahabat mayaku terjalin dengan baik, dan aku ingin menambah daftar sahabat mayaku lebih banyak lagi. Sahabat maya tidak smuanya jelek seperti yang di bahas di atas, penipu. Kita juga harus jeli dalam memilih sahabat. Selamat memilih sahabat dumay lebih banyak lagi ^_^


2 komentar:

Powered by Blogger.

Pages

Blogger templates

Popular Posts