Jualan Sate, Pekerjaan Sampingan


Liburan di boyolali 2 pekan yang lalu, banyak kenangan yang dapat menginspirasi ku. Salah satunya tukang sate. Kebetulan aku  suka sekali  dengan sate, setiap sore menjelang magrib tukang sate selalu lewat depan rumah. 

"nduk, itu tukang satenya sudah mbah panggil" kata mbah
"iya mbah" jawabku sambil keluar menghampiri pak sate
"ini sate 5000 pake lontong ya pak, yang ini sisanya sate aja" kataku sambil menyodorkan 2 piring dan uang 20.000 ke pak sate

Pak sate pun dengan cekatan melayani pembeli, mengajakku ngobrol sambil tangan meracik sate di piring. Adzan magrib pun berkumandang, tandanya sholat magrib telah tiba dan saatnya orang muslim menunaikan ibadah sholat magrib berjamaah di masjid bagi laki-laki dan sholat tepat waktu bagi perempuan.

"pak, klo mau sholat dulu di masjid gak papa, satenya ntar aja" kataku pada pak sate agar sholat terlebih dahulu karena kelihatannya terburu-buru. Kata mbah, pak sate ini rajin sekali sholat berjamaah di majid, setiap lewat depan rumah selalu pas adzan magrib karena agar bisa sholat ke masjid.

"gak kok mb, ini sudah selesai, satenya sudah di bakar tadi, ini tinggal manasin aja" jelasnya
"oya, tolong ini kasihkan mbahnya, kasihan tadi sudah memanggil saya dan mbahnya sudah langganan" lanjutnya sambil memberiku sepiring sate + lontongnya.
"kita kan orang muslim mb, jadi apa bekal kita klo bukan sholat, ibadah, berbuat baik ke sesama" lanjutnya lagi
"iya pak, bener itu" jawabku
"alhamdulillah saya seperti ini, walau penjual sate tetapi sholat selalu di utamakan ke masjid. untuk bekal mb, yang kekal kan di akhirat. ntar di akhirat bisa minta apa saja" jelas pak sate tentang ibadah
"kalau orang kaya dan bekerja di kantoran, pasti yang di cari uang uang dan uang, gak ada cukupnya ya mb" lanjutnya lagi sambil memberiku piring yang berisi sate
"hehe iya pak, sudah pak makasih ya, sudah mau iqomah tuh" jawabku sambil berpamitan masuk ke dalam rumah

Subhanallah, aku terharu mendengar perkataan pak sate tadi, selalu mementingkan akhirat ketimbang dunia. Sepertinya pekerjaan di dunia sebagai tukang sate hanya untuk pekerjaan sampingan, pekerjaan utamanya adalah sholat untuk bekal di akhirat kelak.

5 komentar:

  1. wah tampilan blognya makin kece...^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini blo yang satunya mb, bukan yang biasanya dipake buat tutorial hehe

      Delete
  2. Terkadang pelajaran moral malah bisa didapatkan dari orang yang kehidupannya biasa saja ya, mbak. Salam kenal, btw! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul itu mb, alhamdulillah ya, orang yang biasa saja tapi berfikiran begitu dari pada sudah biasa tapi malah berfikir biasa, jadi tambah biasa-biasa saja hihi

      salam kenal juga mb

      Delete
  3. nice share...
    mampir ke blog ku yah

    http://peluangpenghasilantambahan.blogspot.com

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Pages

Blogger templates

Popular Posts