"ABU SALAMAH"

Nama lengkapnya Abdullah bin Abd Al-Asad bin Hilal Al Makhzumi Al Quraisy, biasa dipanggil Abu Salamah. Ibunya, Barah binti Abdul Muthalib, adalah bibi Rasulullah. Ia adalah saudaranya Rasulullah dan saudara Hamzah bin Abdul Muthalib sepersusuan.
Ia termasuk orang yang mula-mula masuk islam dan berada ke sebelas dari orang yang paling dini masuk islam.

Abu Salamah dan isterinya Ummu Salamah, ikut hijrah ke Habasyah (Etiopia), gelombang pertama dan kedua.

Ia pernah lari dari penyiksaan orang-orang kafir Quraisy ke pamannya, Abu Thalib. Abu Thalibpun melindungi kemenakannya dari mereka sembari berujar, ”Aku akan melindungi putra saudara perempuanku sebagaimana aku melindungi saudara laki-lakiku (maksudnya Rasulullah).”

Ia termasuk orang yang mula-mula hijrah ke Habasyah dan Madinah.
Ia ikut dalam perang Badar. Ia pernah ditugaskan Rasulullah untuk menggantikan Beliau di Madinah ketika Beliau keluar untuk memimpin Al- ’Usya’ Iroh tahun 2 H.
Dalam perang Uhud, ia terkena luka dan luka-luka itupun diobati selama 1 bulan.

Rasulullah saw pernah mengutusnya untuk memimpin sebuah perang yang tidak diikuti oleh Beliau. Setelah kembali dari medan perang, ia jatuh sakit akibat luka yang menimpanya dalam perang Uhud. Kemudian ia menghembuskan nafas yang terakhir tahun 3 H. Rasulullah ikut melayat kematiannya dan memejamkan matanya dengan tangan Beliau.

Kemudian Rasulullah saw menikahi Ummu Salamah pasca kematian Abu Salamah, sehingga Ummu Salamah menjadi salah satu diantara Ummul Mukminin (Ibu orang yang beriman). Beliau juga yang mengasuh anak-anak Abu Salamah, yakni Umar, Salamah, Zainab, dan Durrah

4 komentar:

  1. Subhanallah.... membaca tulisan ini membuat saya kembali teringat akan kebesaran Allah bahwa memang Muhammad adalah utusan Allah....

    Salam ukhuwah Islamiah Non... saya tunggu di rumah saya, ada kisah nyata yg wajib kamu baca sebagai bekal buat menuju kehidupan berumah tangga nanti...

    ReplyDelete
  2. Aku suka cerita keluarga salamah (ummu salamah dan abu salamah). betapa mereka berdua berjuang mempertahankan keluarga, betapa ummu salamah sangat setia, dan betapa tegar abu salamah hingga menjelang ajalnya.

    Syukron, sudah berbagi informasi tentang abu salamah. Coba ummu salamah juga, ukhty...

    ReplyDelete
  3. Abu salamah syahid, kemudian istrinya dinikahi oleh rasulullah saw.
    ada yg siap nggak kalau suaminya syahid, istrinya dinikahi oleh pria lain.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Pages

Blogger templates

Popular Posts