Cabaiku Tumbuh Subur


 Cabai setan tumbuh subur

Coba lihat, pohon cabai ku sudah besar. horeeee akhirnya tumbuh subur juga tanamanku. baru kali ini aku menanam cabai bisa tumbuh sebesar itu. biasanya setiap nanam itu selalu lenyap, yang di berantakin ayam lah, mati karena kekeringan atau mati terinjak.

Kenapa aku menanam cabai? karena keluarga kecilku kalau makan pasti harus ada sambal, kalau pun tidak ada sambal minimal ada cabai. Hambar rasanya kalau makan tidak ada cabai, aku dan suami sering rebutan sambal kalau makan karena memang sama-sama maniak sambal. Nahhh setiap beli cabai 1/4 itu hanya untuk 2 hari saja karena jenis cabainya memang gak pedas. Maka dari itu aku menanam cabai setan (kalau kata orang sini) itu pun bibitnya bawa dari boyolali waktu mudik kemaren, di kudus langka cabai jenis itu. Tumbuh puluhan bibit dan ku sebar kemana-mana dan sebagian di minta tetangga, dan alhasil yang tumbuh hanya beberapa pohon saja, punya tetangga juga mati, mungkin karena kemarau ini kali ya.

azzam dan tanamanku

Selain menanam benih cabai setan, aku juga menana benih cabai rawit hijau loo, baru tumbuh kecil-kecil dan belum di pisah-pisah. rencananya kalau sudah ada duit, mau beli pot dan tanah. Disini susah cari tanah, ini saja tanah berbatu jadi susah menggali tanahnya. Oya aku juga menanam biji labu di wadah, karena baru kemaren jadi belu tumbuh, itu juga pohon parenya sudah besar. kalau begini, aku jadi semangat menanam apa saja.

Info Tentang Cabai :
Cabai atau cabai merah atau chili (bahasa Ambon) adalah buah dan tumbuhan anggota genus Capsicum. Buahnya dapat digolongkan sebagai sayuran maupun bumbu, tergantung bagaimana digunakan. Sebagai bumbu, buah cabai yang pedas sangat populer di Asia Tenggara sebagai penguat rasa makanan. Bagi seni masakan Padang, cabai bahkan dianggap sebagai "bahan makanan pokok" ke sepuluh (alih-alih sembilan). Sangat sulit bagi masakan Padang dibuat tanpa cabai.

Manfaat Cabai –  Bila anda mempunyai hobi makan makanan pedas, maka ada kabar gembira bagi anda. Pasalnya, makanan yang melibatkan cabai mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

1. Baik untuk jantung
Cabai mengandung banyak vitamin seperti vitamin C, vitamin A, dan bioflavinoids. Ketiga kandungan tersebut dapat memperkuat pembuluh darah, membuatnya menjadi elastis, dan dapat menyesuaikan diri dengan tekanan darah yang fluktuasi. Selain itu, ketiga kandungan tersebut dapat mengurangi jumlah fibrin di dalam darah dan ampuh dalam menurunkan kolesterol.

2. Mengurangi peradangan dan meredakan rasa sakit
Cabai mengandung komponen utama bernama Kapsaisin yang berperan utama dalam menghambat Substance P, zat yang berkaitan dengan proses inflamasi. Zat ini mengakibatkan migrain, sakit kepala, hingga sinus. Kapsaisin dikenal juga dapat merangsang pelepasan endorfin yang membunuh rasa nyeri akibat peradangan.

3. Melancarkan hidung tersumbat
Hidung anda sering tersumbat? Cobalah makan makanan pedas berkuah karena rasa panasnya akan merangsang sekresi dengan cara membantu proses terbukanya saluran pernapasan anda yang tersumbat cairan. Selain itu, kandungan pada cabai mengandung antibakteri yang dapat membantu memerangi infeksi sinus kronis.

4. Mendukung program diet
Sebuah penelitian menemukan bahwa kapsaisin dapat membantu mengurangi jaringan lemak dan membantu mempecepat proses metabolisme.

5. Membunuh sel-sel kanker
Menurut para ahli, kapsaisin yang ada pada cabai dapat membunuh sel-sel ganas penyebab kanker, terutama kanker prostat.

6. Menurunkan kadar gula darah
Sebuah penelitian telah menemukan bahwa mengonsumsi cabai bisa membantu untuk mengontrol kadar insulin sehabis makan hingga 60 persen.



ref :
http://id.wikipedia.org/wiki/Cabai
http://www.artikelkesehatan99.com/6-manfaat-cabai-bagi-kesehatan/

9 komentar:

  1. Saya juga nanam pohon cabe di halaman. Bisa metik cabe di halaman sendiri itu rasanya sesuatu banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, pengen seperti itu, jadi setiap kali mau bikin sambal tinggal petik ya mb. selain masih seger juga rasa pedasnya makin maknyusss :D

      Delete
  2. cabai vit c tinggi... tapi sayang nya diriku gagal nanam cabai hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini juga yang ke sekian mb, baru tumbuh,gak berbuah2 juga :D padahal subur

      Delete
  3. Wah... kereeen. Daerah rumahku tanah liat mba. Susah mau nanam macam2. :( Salam buat Azzam ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti masih mending disini ya, tana berbatu masih bisa di tanami hehe
      insyaAllah salam di sampaikan

      Delete
  4. Manfaat cabai banyak juga trnyta yaa... Sayang aku g maniak cabai. Tp doyan :-D
    Alhamdulillah.. Berhasil..berhasil!! Bs panen banyak ntr :D
    whatt..ada pare juga? Btw,disini aku mkn pare juga :( tp dikit *curcol

    ReplyDelete
    Replies
    1. hah? doyan pare? tumben hahaha
      ayoo makan semua yang gak di sukai, pasti enak loo :p

      Delete
  5. cabe cocoknya di dataran tingi apa rendah ya?

    Salam Lintas Fakta

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Pages

Blogger templates

Popular Posts